Selasa, 30 November 2010

Sekolah Bertaraf Internasional Vs Sekolah biasa (di indonesia)

,




apa sih yang menjadi tolak ukur dan perbedaan antara SNBI dengan sekolah biasa
sebelum nya kita lihat pengertian SNBI.

Menurut wikipedia Pengertian sekolah nasional bertaraf internasional adalah
“sebuah jenjang sekolah nasional di Indonesia dengan standar mutu internasional. Proses belajar mengajar di sekolah ini menekankan pengembangan daya kreasi, inovasi, dan eksperimentasi untuk memacu ide-ide baru yang belum pernah ada.”
sedangkan menurut saya,sekolah nasional bertaraf internasional adalah sekolah yang diperuntukkan oleh anak-anak warga asing yang tinggal di indonesia dengan kurun waktu yang cukup lama atau orang yang melakukan naturalisas atau pun warga indonesia yang mempunyai uang yang berlimpah.
pengembangan SNBI di indonesia juga didasari oleh Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 50 Ayat 3. Dalam ketentuan ini, pemerintah didorong untuk mengembangkan satuan pendidikan yang bertaraf internasional.
pendapat saya, suatu sistem pendidikan seperti sekolah nasional bertaraf internasional merupakan suatu awal yang menjadikan suatu kesenjangan sosial bagi rakyat indonesia. membedakan manakah siswa yang bersekolah di sekolah nasional bertaraf internasional dengan sekolah biasa. Memang SNBI mempunyai hal yang positif bagi dunia pendidikan di indonesia yaitu mencetak anak-anak indonesia menjadi siswa yang mampu bersaing di tingkat internasional. dari suatu sumber mengatakan bahwa pemerintah pusat sebenarnya menekan pemerintah daerah untuk menyisihkan budget daerah untuk pengembangan SNBI. Bukan tidak kecil dana yang dibutuhkan untuk ini, dan uang yang seharusnya bisa dipakai oleh anak-anak indonesia yang tidak mampu untuk bersekolah supaya bisa tetap bersekolah malah dipakai untuk membiayai para orang kaya supaya bisa bersekolah mahal. Jadi mengapa saya katakan program SNBI kontradiksi dengan akses ke sekolah, pun tidak sejalan dengan sekolah berbasis keunggulan lokal.
sekarang lihatlah pendidikan yang tidak memiliki label "internasional". apalagi sekolah-sekolah di pedalaman. bisa dibilang sangat memprihatinkan. seharusnya itulah yang harus diperhatikan oleh pemerintah. padahal dunia pendidikan sangatlah penting. daripada menghamburkan dana untuk sekolah yang tidak memihak kepada masyarakat banyak lebih baik meningkatkan suatu sistem pendidikan secara massal dan tidak berat sebelah.

0 komentar to “Sekolah Bertaraf Internasional Vs Sekolah biasa (di indonesia)”

Posting Komentar

Social

Twitter Feed Facebook Google Plus Youtube
 

DEWI AYU SARASWATI Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger Templates