npm : 31110898
tanggal membuat : 30 november 2010
tugas pertama
1. Mengapa kita perlu mempelajari ilmu manajemen, jelaskan ?
karena ilmu manajemen menunjukan bahwa bagi orang-orang yang terjun dalam organisasi formal
atau informal, perlu mengkaji dan mempelajari manajemen
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
- Manager : orang atau seseorang yang harus mampu membuat orang-orang dalam organisasi yang berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi memiliki ciri yang sesuai dengan tujuan (goals) dan teknologi (technology).
- Wiraswasta : keberanian, keutamaan, atau keperkasaan dalam berusaha dengan bersandar pada kekuatan sendiri.
- Wirausaha : kemampuan untuk berdiri sendiri, berdaulat, merdeka lahir batin, sumber peningkatan kepribadian, suatu proses dimana orang mengajar peluang,
- Supervisi : usaha dari petugas-petugas sekolah dalam memimpin guru-guru dan petugas lainnya, dalam memperbaiki pengajaran, termasuk menstimulir, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan guru-guru dan merevisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan-bahan pengajaran, dan metode mengajar dan evaluasi pengajaran.
3. jelaskan 10 peran dari manajer!
1. Menetapkan tujuan dan menegaskan arah untuk mencapai tujuan.
2. Melengkapi sarana untuk mencapai tujuan
3. Melengkapi dan menegaskan tatanan organisasi.
4. Memberikan fasilitas untuk melaksanakan kegiatan dan mengadakan hubungan antar kegiatan.
5. Memberikan fasilitas kepada kelompok dalam melaksanakan tugasnya.
6. perencanaan
7. perorganisasian
8. pengendalian
9. perantara/penghubung (liaison role)
10. pengaturan rencana
2. Melengkapi sarana untuk mencapai tujuan
3. Melengkapi dan menegaskan tatanan organisasi.
4. Memberikan fasilitas untuk melaksanakan kegiatan dan mengadakan hubungan antar kegiatan.
5. Memberikan fasilitas kepada kelompok dalam melaksanakan tugasnya.
6. perencanaan
7. perorganisasian
8. pengendalian
9. perantara/penghubung (liaison role)
10. pengaturan rencana
4. Jelaskan tingkatan manajer dalam manajemen!
1. Manajemen Puncak (Top Management)
Manajer bertaggungjawab atas pengaruh yang ditmbulkan dari keputusan-keputusan manajemen
keseluruhan dari organisasi. Misal: Direktur, wakil direktur, direktur utama. Keahlian yang dimiliki para
manajer tinggkat puncak adalah konseptual, artinya keahlian untuk membuat dan mmerumuskan konsep untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer dibawahnya.
2. Manajemen Menengah (Middle Management)
Manajemen menengah harus memeiliki keahlian interpersonal/manusiawi, artinya keahlian untuk
Manajer bertaggungjawab atas pengaruh yang ditmbulkan dari keputusan-keputusan manajemen
keseluruhan dari organisasi. Misal: Direktur, wakil direktur, direktur utama. Keahlian yang dimiliki para
manajer tinggkat puncak adalah konseptual, artinya keahlian untuk membuat dan mmerumuskan konsep untuk dilaksanakan oleh tingkatan manajer dibawahnya.
2. Manajemen Menengah (Middle Management)
Manajemen menengah harus memeiliki keahlian interpersonal/manusiawi, artinya keahlian untuk
berkomunikasi, bekerjasama dan memotivasi orang lain. Manajer bertanggungjawab melaksanakan
rencana
rencana
dan memastikan tercapainya suatu tujuan. Misal: manajer wilayah, kepala divisi, direktur produk.
3. Manajemen Bawah/Lini (Low Management)
Manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer
3. Manajemen Bawah/Lini (Low Management)
Manager bertanggung jawab menyelesaikan rencana-rencana yang telah ditetapkan oleh para manajer
yang lebih tinggi. Pada tngkatan ini juga memiliki keahlian yaitu keahlian teknis, atrinya keahlian yang
mencakup prosedur, teknik, pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus. Misal: supervisor/pengawas
produksi, mandor.
organisasi!
efisiensi dapat menjadikan organisasi unggul karena efisiensi kerja yang bagus berarti mengerjakan suatu
pekerjaan yang efisiensi, tepat waktu dan benar.